Jumat, 13 September 2013

MENGAPA BMR BERPERAN PENTING DALAM MEMPERTAHANKAN BERAT BADAN

BMR adalah Bassal Metabolisme Rate, BMR merupakan standarisasi angka kebutuhan metabolisme dalam menghitung level energi tertinggi seseorang  dalam satuan kalori yang dibutuhkan pada saat istirahat agar berfungsi secara efektif. Analisa BMR digunakan untuk mengetahui seberapa besar asupan yang harus anda konsumsi agar program diet yang sedang anda jalankan dapat diprediksi asupan kalori hariannya. BMR dipengaruhi jenis kelamin,usia dan massa otot. Rata-rata BMR wanita asia adalah 1200 kalori perhari dan pria asia adalah 1500 kalori perhari.

Misalkan BMR anda 1500 kalori perhari, maka itu artinya jatah makan anda perhari adalah 1500 Kalori. Misalkan anda makan sebanyak 2000 kalori perhari, maka sisa yang 500 kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh anda menjadi lemak. 


Sumber Photo oleh Google

Prinsip dasar memiliki tubuh yang ideal adalah kalori yang masuk sama dengan kalori yang keluar. Sebaiknya asupan kalori seimbang dengan pengeluaran kalori. Jika kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang digunakan maka akan memicu naiknya berat badan anda.Sangat penting bagi kita untuk selalu mempertahankan Asupan kalori tubuh kita di angka 1200 kalori untuk wanita dan 1500 kalori untuk laki-laki.
Kalau ini kita lakukan, maka selamanya berat badan anda akan bertahan tidak naik - naik dan tidak turun - turun. Ini disebut dengan program maintenance atau program kunci. Lalu makanan seperti apa yang dibutuhkan untuk menunjang program ini tercapai? , makanan yang mengandung protein tinggi seperti putih telur, dada ayam bisa menjadi pilihan atau anda bisa membeli berbagai macam produk pengganti makanan seimbang yang saat ini sudah banyak beredar dipasaran, tentunya pilihlah produk yang terpecaya dan sudah terbukti khasiatnya.

0 komentar: